Menu Web:


TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

BAB 1

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Bab ini :

  • Mengenal lebih dekat dengan CMS CMS Joomla yang populer di dunia open source saat ini.

  • Menginformasikan dukungan dan keberlanjutan proyek CMS Joomla yang terus berjalan dan bergerak cepat tanpa kenal lelah

  • Menginformasikan adanya forum-forum atau komunitas yang tumbuh dalam mendukung proyek CMS CMS Joomla

  • Memaparkan dukungan dari komunitas CMS Joomla di seluruh dunia yang bahu-membahu menyediakan komponen pendukung

A. Siapa Sih CMS Joomla?

Apa itu CMS Joomla ? CMS Joomla berbeda dengan Mambo. CMS Joomla merupakan salah satu sistem aplikasi manajemen situs yang terbuka (Open Source Content Management System-OS CMS) yang sangat hebat dan tercanggih di kelas CMS saat ini. Hal ini sesuai dengan uji pakai para pengguna CMS. Yang memberikan penilaian sesuai dengan kelengkapan fiturnya. Tak heran Jomla menjadi berita dari mulut kemulut yang tak ada habisnya untuk dibahas. Para pemakai CMS banyak yang melakukan migrasi atau memindahkan pilihannya untuk beralih ke CMS Joomla. CMS ajaib ini cukup disegani dikalangan pengguna CMS dari tingkat amatir hingga tingkat profesional.

Fitur-fitur CMS Joomla yang lengkap dan canggih sebenarnya dambaan para pengguna CMS. Daftar permintaan (Wishlist) yang selama ini diinginkan oleh CMS Joomla diwujudkan. Mimpi-mimpi agar ada CMS yang gratis, open source dan canggih benar-benar terwujud dalam CMS Joomla

Gambar 1.1. Situs CMS Joomla

Kenapa bisa CMS Joomla bukan Jumilah atau Juminten? CMS Joomla berasal dari kata Jumla yang artinya bersama-sama atau untuk semua. Kalau penulis mengartikannya sebagai sesuatu yang bisa dipakai secara bersama-sama, semua orang, semua lapisan, semua negara, semua bangsa bisa mendayagunakan perangkat CMS Joomla secara bersama-sama.

Gambar 1.2. Informasi tentang CMS Joomla yang selalu ter-update

CMS Joomla saat ini sudah memasuki area komunitas. CMS Joomla menjadi sebuah trade-mark atau image brand, bahwa dunia open source bisa berkembang dengan baik dan sempurna. CMS Joomla menjadi milik semua orang yang dapat digunakan untuk dikembangkan berdasarkan kemampuan dan ketrampilannya untuk menjadi penyumbang dalam pengembangan proyek situs. Semua orang berhak mengetahui dan menggunakan CMS Joomla ini. Semua orang juga berhak untuk mengotak-atik CMS Joomla. Bahkan semua orang punya kesempatan yang sama dalam hal pengembangan proyek CMS Joomla ini. Sehingga CMS Joomla menjadi milik bersama bagi orang-orang, komunitas, dan masyarakat.

Sejarahnya, CMS Joomla merupakan pecahan dari tim inti Mambo. Tim inti penunjang Open Source ini bergabung dalam kelompok yang bernama Open Source Matters (OSM). Lewat OSM inilah, maka CMS Joomla beralih untuk meninggalkan Mambo. Dari CMS Joomla juga banyak perbaikan-perbaikan atau perubahan-perubahan Mambo yang diluncurkan dalam CMS Joomla.

CMS Joomla juga melengkapi keamanannya secara lengkap. Beberapa kelemahan yang sudah disempurnakannya yaitu :

  • Penyempurnaan cacat di class phpMailer.

  • Penambalan cacat di fitur aktivasi yang mengandung ruang terbuka untuk diserang dengan SQL injection.

  • Penyempurnaan cacat di komponen jajak pendapat (polls component).

  • Penyempurnaan mass mailer yang terbuka bagi spam.

CMS Joomla terbuka untuk di download di situs http://www.Joomla.org


Joomla Book