Menu Web:


Mambot (Mambots)

D. Mambot (Mambots)

Mambots secara fisik sudah dapat dilihat operasinya. Mambots merupakan script kecil dan sederhana yang menangani tugas untuk menyisipkan, menjadi penengah atau penyela data, content, informasi sebelum tampilan ke web. Mambots juga akan melakukan proses manipulasi atau penyuntingan kecil sebelum informasi hadir ke publik.

Ada beberapa elemen mambots yang sudah ter-instal di Joomla. Bisa dilihat di halaman administrasi di bagian mambots. Untuk contoh kasus mambots bisa dilihat pada elemen mambots mosimage. Dengan bantuan mosimage pembaca bisa meletakkan image (gambar) cukup dengan mengklik ikon mosimage. Pembaca tidak perlu menulis sederetan script yang berfungsi untuk menampilkan gambar di halaman situs. Contoh lain misalnya mospagebreak. Elemen mambot ini akan membantu pembaca untuk membagi atau memecah (page break) halaman panjang menjadi beberapa halaman situs. Seandainya anda menggunakan script php-html yang rumit dan membingungkan. Namun dengan bantuan elemen mospagebreak, pembaca bisa langsung mengklik ikon mospagebreak. Elemen ini bisa dilihat saat mengisi teks di halaman editor. Lihat contoh dibawah ini.


Menu Mambot ( Web-Joomla )

Gambar 2.7. Menu Mambot ( Web-Joomla )


Halaman yang berisi komponen ( Web-Joomla )

Gambar 2.8. Halaman yang berisi komponen ( Web-Joomla )

Ketiga komponen tersebut biasanya sudah terinstall di Joomla secara default. Namun adakalanya pembaca ingin membuat web Joomla yang lebih sempurna dan banyak fungsi. Ketiga elemen tersebut bisa diambil di internet secara gratis. Elemen tambahan ini (add-ons) banyak sekali disediakan secara cuma-cuma.

Di dalam buku ini, penulis juga melampirkan beberapa komponen add-ons yang bisa di-install. Komponen tersebut yaitu :

  • Community Builder,yaitu tool hebat untuk mengelola pengguna dan pengunjung situs (user registration). Elemen ini dibuat oleh mambojoe.

  • DOCMan, yaitu pengelolaan pemajangan dokumen yang bisa didownload pengunjung.

  • YaNC, yaitu komponen yang berfungsi sebagai newsletters.

  • SiteMap, yaitu berfungsi sebagai pemeta navigasi situs (site-mapping).

  • Events Calendar, yaitu komponen untuk menampilkan pengelolaan agenda kegiatan dan waktu dengan menggunakan tampilan kalender.

  • Rsgallery, yaitu komponen untuk menampilkan kumpulan photos.

Untuk lebih lengkap dan jelasnya, maka pembaca bisa mendownload dari situs-situs pengembang Joomla.


Joomla Book