Menu Web:


Instalasi

BAB 4

INSTALASI DAN KONFIGURASI

Bab ini:


  • Memberi informasi bagaimana cara melakukan proses instalasi

  • Mengenalkan cara-cara konfigurasi situs dalam instalasi Joomla

  • Mengenalkan tahap-tahap langkah instalasi yang terdiri dari :

  • Pre-installation check, 2. License, Step 1, Step 2, Step 3, Step 4

  • Mengenalkan cara mengkonfigurasi system

  • Mempelajari dan menggunakan halaman administrator

  • Melakukan proses global configuration


A. Instalasi


Dimanakah saya akan menjalankan Joomla? Pertanyaan di atas dapat dijawab dengan persyaratan dan kelengkapan yang harus tersedia untuk bisa menjalankan Joomla. Joomla adalah CMS yang berjalan dalam sistem PHP dan database My SQL yang menggunakan mesin server linux seperti Apache server. Berikut ini adalah kelengkapan yang harus tersedia yaitu :



Ketiga hal di atas terkenal dengan istilah LAMP (Linux, Apache, MySQL dan PHP) untuk pemakaian di sistem operasi Windows.



LAMP di dekstop Windows ( Web-Joomla )

Gambar 4.1. LAMP di dekstop Windows ( Web-Joomla )


Ada dua cara yang digunakan untuk menjalankan Joomla, yaitu di server lokal (di PC dekstop/user) atau di server hosting (commercial/ISP). Di PC Dekstop user itu tergantung jenis sistem operasinya. Apakah menggunakan sistem operasi Windows atau Linux. Untuk Linux, dalam hal ini bisa langsung mudah dipraktekkan. Namun bagi sistem operasi Windows, anda harus menginstal LAMP.


 Paket LAMP bernama XAMPP untuk windows ( Web-Joomla )

Gambar 4.2. Paket LAMP bernama XAMPP untuk windows ( Web-Joomla )


Penulis merekomendasikan menggunakan ApacheFriends XAMPP Lite version 1.5.1. Paket file ini sudah tersedia di CD. Anda cukup mengekstraknya, kemudian double klik file xampp_start.exe.


Ikon XAMPP start ( Web-Joomla )

Gambar 4.3. Ikon XAMPP start ( Web-Joomla )


Akan muncul tampilan jendela start.


Tampilan jendela Start XAMPP ( Web-Joomla )

Gambar. 4.4. Tampilan jendela Start XAMPP ( Web-Joomla )


Itu artinya instalasi sudah berjalan dengan baik. Silakan lihat dile readme.txt untuk dokumentasinya.



Bagaimanakah Joomla bisa berfungsi dengan baik? Untuk itu pastikan bahwa anda menggunakan program browser umum seperti, Internet Explorer (version 5.5+) Netscape, Opera dan Mozilla Firefox. Namun alangkah lebih bagusnya apabila Internet Explorer digunakan untuk proses administrasi situs.


Untuk pemula, penulis akan mengajak pembaca untuk menginstal Joomla di komputer dekstop.


Tampilan Joomla yang sudah diinstall di Windows ( Web-Joomla )

Gambar 4.5. Tampilan Joomla yang sudah diinstall di Windows ( Web-Joomla )




Anda perlu informasi rumah, sewa rumah, kontrakan rumah, perkantoran, rumah kost, rumah gedung, rumah apartmen, rumah toko, rumah kantor, rumah gudang, sewa gudang, inilah tempatnya.


Kunjungi kami di http://www.rumah999.com


Ada dua cara instalasi Joomla di server, yaitu pertama dengan cara langsung menggunakan alat bantu webbrowser dan yang kedua dengan cara manual. Pada proses ini yang paling dianggap mudah adalah langkah atau cara yang pertama, karena tidak membutuhkan pengetahuan dan ketrampilan mengenai server linux dan networking.

Instalasi Joomla melalui Internet Explorer ( Web-Joomla )

Gambar 4.6. Instalasi Joomla melalui Internet Explorer ( Web-Joomla )



Penulis juga mengajak pembaca untuk melakukan cara yang pertama, yaitu dengan cara penginstallan melalui webserver. Dalam hal ini alat bantu yang digunakan adalah dengan menggunakan webbrowser seperti Internet Explorer


Proses instalasi Joomla yang nyata adalah di server linux, namun penulis akan melakukan praktek dengan menggunakan system windows. Karena ini bersifat latihan instalasi, maka penulis akan menuntun pembaca untuk melakukan instalasi di komputer windows.


Joomla Book